Bermula dari mesin berbahan bakar bensin dengan konstruksi ruang bakar, lambat laun manusia menyadari bahwa harga bensin terus naik setiap tahun. Keterbatasan sumber mineral membuat kita berpikir dan terus membuat inovasi khususnya pada kendaraan bermotor. Ramah lingkungan juga menjadi faktor utama mendukung inovasi lahirnya kendaraan bermesin elektrik. Sejak tahun 1900, para inventor berlomba membuat kendaraan elektrik untuk masyarakat umum. Namun karena pada masa itu, harga BBM dan teknologi masih minim maka masyarakat lebih memilih kendaraan berbahan bakar BBM. Pasang surutnya kendaraan elektrik dari tahun ke tahun hingga pada tahun 1997, Pabrik dunia sekelas toyota membuat dan memperkenalkan kepada publik dengan sebuah mobil elektrik bernama Prius. Dan sekarang banyak pabrik-pabrik kelas dunia yang membuat mesin elektrik yang di tanam di beberapa deretan model yang sudah dijual dipasaran bahkan mulai dipakai oleh masyarakat termasuk kelompok pemerintahan, masyarakat, dan pengusaha seperti agen bola online. Bahkan, perusahaan agen bola yang berbisnis bidang judi ini memfasilitasi karyawan tetap mereka dengan mobil elektrik tersebut karena menginginkan lingkungan hidup yang lebih baik. Mereka sangat menyukai model kendaraan elektrik yang tidak kalah bagusnya dengan kendaraan berbahan bakar. Berikut manfaat yang dapat kita dapatkan dari memakai mobil elektrik.

Ramah Lingkungan

Masyarakat menyadari akan perubahan iklim pada masa sekarang dan yang akan datang. Maka salah satu cara untuk menjaga lingkungan agar tetap terjaga yaitu merubah kendaraan mereka menjadi mesin elektrik. Mobil / motor bermesin elektrik tidak menggunakan gas buang, ada juga mesin hibrida yang masih menggunakan mesin BBM dan mesin elektrik yang fungsinya bekerja pada kecepatan rendah.

Biaya

Untuk hal biaya memang bervariasi, tergantung model kendaraan dan kebutuhan. Namun pada dasarnya anda akan memangkas biaya untuk pembelian BBM dengan biaya pengisian daya baterai ke kendaraan anda. Itu tentunya memangkas biaya yang sangat banyak namun anda harus menyadari bahwa baterai yang berada di kendaraan anda tersebut tentunya memiliki umur dan harus diganti jika rusak, penggantian baterai tersebut biayanya cukup mahal. Baterai tersebut biasanya memiliki umur 5-10 tahun tergantung dari cara merawat, anda dapat menghitung sendiri biaya-biaya tersebut.

Subsidi

Di negara-negara maju, kendaraan listrik sebagian besar disubsidi oleh pemerintah. Harga kendaraan baru dapat bersaing dengan kendaraan lainya sehingga masyarakat tergiur untuk mencoba membeli. Selain itu, energi pengisian daya juga disewakan dengan biaya yang murah karena energi yang didapatkan bisa didapat melalui energi lain yang lebih murah. Tempat umum pengisian juga dibuat dan disebar diseluruh kota. Berbeda halnya dengan negara berkembang, negara masih berperang untuk kebijakan harga BBM.

Performa

Performa yang dimiliki oleh kendaraan elektrik biasa didebatkan oleh sebagian orang, namun seiringnya berjalanya waktu, para pabrikan juga menyadari dan mengembangkan segmen performa dalam mesin kendaraan elektrik tersebut.